Laporan Praktikum
Nama/NPM : Mulyani/ 11210020
Fak/Prog.studi : Teknik
Group & kawan
kerja : Novi Dyah Cahyani
No & nama
percobaan : Modul 3, Jembatan Wheatstone
Minggu percobaan : Ke-4
Tanggal percobaan : 29 Desember 2011
Laboratorium
Fisika Dasar
UPP
IPD
Universitas Indonesia
Modul
3. Jembatan Weatstone
Prinsip
Dasar
Jembatan
Wheatstone adalah sebuah rangkaian jembatan dengan nilai R, R₁ dan R₂ yang sudah
diketahui. Sedangkan Rₓ adalah hambatan yang
besarnya tidak diketahui.
Prinsip dasar dari jembatan wheatstone adalah keseimbangan. Sifat umum dari arus listrik
adalah arus akan mengalir menuju polaritas yang lebih rendah. Jika terdapat
persamaan polaritas antara kedua titik maka arus tidak akan mengalir dari kedua
titik tersebut. Dalam rangkaian
dasar jembatan wheatstone penghubung
kedua titik tadi disebut sebagai jembatan wheatstone.
Sebuah
konduktor homogen dengan panjang ℓ
[m] dan luas penampang A [m2]
dan hambatan jenis kawat penghantar ρ
[Ωm] akan memiliki besar hambatan sebesar
Peralatan
1.
1 kawat geser 1m
2.
1 resistor 100 Ω,
1kΩ
3.
1 Galvanometer
4.
1 catu daya DC
5.
1 hambatan standar
6.
1 set kabel koneksi
7.
1 kawat penghantar
Prosedur
percobaan
A.
Mengukur besar hambatan tunggal dan
dalam rangkain seri dan parallel
1.
Periksa rangkaian yang digunakan
seperti pada Gbr. 1 ! pastikan koneksi dalam keadaan baik !
2.
Tentukan nilai hambatan geser (R)
sebesar 100Ω dan pilih salah satu nilah Rₓ
yang akan diukur. Catat gelang warna pada hambatan tersebut !
3.
Nyalakan rangkaian dan atur kawat geser
sehingga galvanometer menunjukkan angka nol. Catat panjang l₁ dan l₂ !
4.
Ubah nilai hambatn geser sebesar 200,
300, hingga 700Ω dan catat perubahan
l₁ dan l₂.
5.
Ganti hambatan Rₓ (Rₓ₂) yang lain dan lakukan langkah no 2
sampai 5 !
6.
Susun keduan hambatan Rₓ yang sudah diukur dalam rangkaian
seri dan rangkaian parallel. Ukur besar hambatan rangkaian dengan metode diatas
! (Belum sempat melakukan percobaan ini)
B.
Menentukan hambatan jenis kawat
penghantar
1.
Berdasarkan Gbr. 1, ganti kotak Rₓ
dengan kawat penghantar !
2.
Catat panjang dan diameter kawat
penghantar yang akan diukur !
3.
Carilah besar hambatan dari kawat
penghantar dengan menggunakan metode percobaan A ! Pilih terlebih dahulu besar
hambatan R pada kotak hambatan standar (missal R = 1Ω)
4.
Ukurlah hambatan kawat penghantar
untuk panjang kawat yang berbeda-beda (minimal 5 panjang kawat) !
Data hasil percobaan
1
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
1
|
16.5
|
83.5
|
0.20
|
100
|
19.8
|
10
|
90
|
0.11
|
200
|
22.2
|
|
6
|
94
|
0.06
|
300
|
19.1
|
|
4.9
|
95.1
|
0.05
|
400
|
20.6
|
|
5.5
|
96.5
|
0.06
|
500
|
28.5
|
|
2.5
|
97.5
|
0.03
|
600
|
15.4
|
|
2
|
98
|
0.02
|
700
|
14.3
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
2
|
23
|
77
|
0.30
|
100
|
29.9
|
12
|
88
|
0.14
|
200
|
27.3
|
|
8.5
|
91.5
|
0.09
|
300
|
27.9
|
|
6
|
94
|
0.06
|
400
|
25.5
|
|
5
|
95
|
0.05
|
500
|
26.3
|
|
3.9
|
96.1
|
0.04
|
600
|
24.3
|
|
3
|
97
|
0.03
|
700
|
21.6
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
3
|
23.8
|
76.2
|
0.31
|
100
|
31.2
|
13
|
87
|
0.15
|
200
|
29.9
|
|
9
|
91
|
0.10
|
300
|
29.7
|
|
6.3
|
93.7
|
0.07
|
400
|
26.9
|
|
5
|
95
|
0.05
|
500
|
26.3
|
|
4
|
96
|
0.04
|
600
|
25
|
|
3
|
97
|
0.03
|
700
|
21.6
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
4
|
25.1
|
74.9
|
0.34
|
100
|
33.5
|
14
|
86
|
0.16
|
200
|
32.6
|
|
10
|
90
|
0.11
|
300
|
33.3
|
|
7
|
93
|
0.08
|
400
|
30.1
|
|
5.3
|
94.7
|
0.06
|
500
|
28
|
|
4.8
|
95.2
|
0.05
|
600
|
30.3
|
|
3.8
|
96.3
|
0.04
|
700
|
27.6
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
5
|
33
|
77
|
0.43
|
100
|
42.9
|
18.5
|
81.5
|
0.23
|
200
|
45.4
|
|
12.8
|
87.2
|
0.15
|
300
|
44
|
|
9.5
|
90.5
|
0.10
|
400
|
42
|
|
8
|
92
|
0.09
|
500
|
43.5
|
|
6.3
|
93.7
|
0.07
|
600
|
40.3
|
|
3.2
|
96.8
|
0.03
|
700
|
23.1
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
6
|
37.5
|
62.5
|
0.60
|
100
|
60
|
22
|
78
|
0.28
|
200
|
56.4
|
|
15
|
85
|
0.18
|
300
|
52.9
|
|
12
|
88
|
0.14
|
400
|
54.5
|
|
9.5
|
90.5
|
0.10
|
500
|
52.5
|
|
8
|
92
|
0.09
|
600
|
52.2
|
|
7
|
93
|
0.08
|
700
|
52.7
|
R(no)
|
ℓ₁
|
ℓ₂
|
ℓ₁/ ℓ₂
|
R
|
Rx
|
7
|
47
|
53
|
0.89
|
100
|
88.7
|
30
|
70
|
0.43
|
200
|
85.7
|
|
21.9
|
78.1
|
0.28
|
300
|
84.1
|
|
16.5
|
83.5
|
0.20
|
400
|
79
|
|
13.5
|
86.5
|
0.16
|
500
|
78
|
|
11.2
|
88.5
|
0.13
|
600
|
75.9
|
|
10
|
90
|
0.11
|
700
|
77.8
|
No .
|
Gelang warna
|
Besar Hambatan (Ω)
|
1
|
Merah,
abu-abu, hitam
|
28
|
2
|
Merah,
ungu, hitam
|
27
|
3
|
Orange,
hitam, hitam
|
30
|
4
|
Orang,
orange, hitam
|
33
|
5
|
Kuning,
ungu, hitam
|
47
|
6
|
Hijau,
biru, hitam
|
56
|
7
|
Putih,
merah, hitam
|
92
|
PEMBAHASAN
Berdasarkan
data da hasil seperti diatas, ada beberapa data yang tidak sesuai dengan
literarur atau bisa dikatakan menyimpang.
Penyimpangan data tersebut
dikarenakan pada awal awal melakukan percobaan, penyusunan rangkaian salah
sehingga sempat ditak mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan karena percobaan yang selanjutnya dilakukan
secara terburu-buru, maka data yang
didapat pun tidak akurat.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang bisa kita
tarik dari teori jembatan wheatstone adalah :
1. Tegangan yang diukur
pada dua titik yang mempunyai polaritas yang sama adalah 0 volt.
2. Tegangan pada jembatan
adalah selisih tegangan antara kedua polaritas tersebut.
3. Arus akan mengalir
dari titik jembatan yang berpolaritas tinggi ke titik yang berpolaritas rendah.
4. Arus yang mengalir pada
dua titik yang mempunyai polaritas yang sama adalah 0 ampere.
Prinsip dari metode
jembatan wheatstone :
1.
Hubungan antara resisitivitas dan hambatan, yang berarti setiap
penghantar memiliki besar hambatan tertentu. Dan juga mementukan hambatan
sebagai fungsi dari perubaahan suhu.
2.
Hokum ohm yang menjelaakan hubungan antara hambatan, tegangan dan
arus listrik. Yang mana besar arus yang mengalir pada galvanometer diakibatkan
adanya suatu hambatan.
3.
Hokum kirchoff 1 dan 2, yang mana sesuai dari hokum ini
menjelaskan hambatan dalam keadaan seimbang karena besar arus pada ke-2 ujung
galvanometer sama besar sehingga saling meniadakan.
DAFTAR
PUSTAKA
UPPIPD UI, Pedoman Praktikum Fisika
Dasar, Lab. Fak MIPA UI, Depok, 2011.
electronicandlife.blogspot.com/psinsip-dasar-jembatan
wheatstone
marausna.wordpress.com/2010/05/13/jembatan-wheatstone/
lfd.fmipa.itb.ac.id/artikel/modul_interaktif/modul_2_f/teori.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar